Gak Nyangka Ternyata 3 Negara Ini Bahasa Resminya Bahasa Jawa Lho! 🔥

Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi negara Indonesia. Tetapi karena banyaknya suku dan pulau maka tak hanya bahasa Indonesia saja yang digunakan. Namun bahasa daerah juga banyak ditemukan di berbagai pelosok negeri, misalnya saja bahasa Jawa yang sampai saat ini masih eksis dikalangan orang Jawa.

Dilansir dari bbc.co.uk (4/11/2017) bahasa Jawa tumbuh kuat di masyarakat D.I. Yogyakarta dan Jawa Tengah. Namun bahasa Indonesia tetaplah bahasa resmi dari negara Indonesia.

Tetapi percaya atau enggak, ada lho 3 negara yang memakai bahasa Jawa sebagai bahasa resmi mereka. Beneran? Ini dia ulasannya:

1. Nouvelle Celedonie

Saking banyaknya imigran yang berasal dari daerah Jawa yang ketika itu mencari pekerjaan di sana menjadikan negara Nouvelle Celedonie menetapkan bahasa Jawa sebagai bahasa resmi mereka setelah bahasa Perancis. Selain itu negara ini sering di kenal dengan nama Kaledonia Baru dan beribukota di Noumea.

2. Cocos Island

Pada abad ke-19 banyak orang dari Jawa dan Melayu dibawa ke Inggris untuk bekerja di perkebunan. Hal itulah yang melatarbelakangi negara Cocos Island (Pulau Cocos) yang beribukota di West Island memakai bahasa Indonesia dan Jawa sebagai salah satu bahasa resmi mereka selain bahasa Inggris. Negara yang hanya memiliki 14 km persegi ini kebanyakan beragama Islam Sunni dan di logo nya terlihat memakai bahasa Indonesia dengan jelas dan bahasa resminya memang terdiri dari bahasa Inggris, Indonesia dan Jawa.

3. Republik Suriname

Negara ini sangat familiar di telinga kita yakni Republik Suriname yang terletak di Benua Amerika Bagian Selatan. Pada masa lampau negara ini merupakan bekas jajahan Belanda. Saat itu masih sering dikenal dengan Guyana Belanda.

Pada tahun 1890 hingga 1939 sebanyak 75 ribu jiwa orang yang berasal dari etnis Jawa dibawa oleh Belanda untuk menjadi pekerja disana. Hal itulah yang membuat 15 persen penduduk di negara tersebut memakai bahasa Jawa dalam aktivitas sehari-harinya.

Baca sumbernya