Kostum-Kostum Kontestan dari Indonesia Ini Membuat Iri Peserta Lain, Lho! 🔥

    

Beberapa tahun belakangan, peserta dari Indonesia telah lebih berani menampilkan berbagai kostum spektakuler, yang memamerkan tentang seni, budaya, dan tradisi di Indonesia.

2009 Peserta dari Indonesia memakai kostum yang memiliki nilai seni kuno, yaitu wayang Jawa. Kostum yang dibawakan sederhana, namun memberikan kesan berani. Mirip karakter wayang yang dibawakannya.

2011 Kesenian boneka kayu, adalah kesenian tradisional bagi orang Sunda, di Jawa Barat, memberi inspirasi untuk kostum peserta dari Indonesia pada kontes 2011.

2012 Peserta dari Indonesia ini, berpakaian seperti burung, yang berwarnakan bendera Indonesia. Burung ini mencerminkan bentuk lambang negara Indonesia, yaitu Garuda Pancasila .

2013 Reog Ponorogo adalah tarian tradisional Indonesia, Peserta dari Indonesia yang mengenakan kostum bertema ini adalah Whulandary Herman.

2014 Kostum in, terinspirasi dari Candi Borobudur di Jawa Tengah , yang merupakan kuil Budha terbesar di dunia.

2015 Ia sempat mengguncang panggung Miss Universe dengan penampilannya yang memukau. Di mana kontestan Anindya Kusuma, menggunakan kostum tradisional Bali, yang terinspirasi dari mitologi, emas.
2017 Kostum spektakuler di acara 2017 ini mewakili gagasan “Unity in Diversity”, yang ingin mengatakan bahwa Indonesia adalah tempat yang multikultural, namun terikat oleh satu negara kesatuan.